PROGRAM KERJA
PALANG MERAH REMAJA
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF
SMA MA’ARIF KARANGANYAR
TERAKREDITASI “ B ”
Jl. Karanganyar No. 11 Telp (0821) 758598 Purbalingga 53354
Kata Pengantar
Kami panjatkan puji syukur ke Hadirat Allah SWT telah memberikan rahmat dan karunia-nya sehingga kami dapat menyelesaikan program kerja PMR ( Palang Merah Remaja ) di SMA MA'ARIF KARANGANYAR , tujuan antara lain sebagai acuan dan pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan tersebut. kami mengucapkan terima kasih kepada :
- Bapak H. SUNAENI, Sag M.MPd selaku Kepala SMA MA'ARIF KARANGANYAR yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai Pembina SMA MA'ARIF KARANGANYAR.
- Wakasek Kurikulum dan Wakasek Kesiswaan serta Teman- teman semua yang ikut membantu saya dalam membuat Program kerja .
Tentu saja kami rasakan bahwa pembuatannya sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu serta saran yang membangun dari para pemerhati pendidikan khususnya dalam kegiatan ekstrakuler PMR sangat kami harapkan untuk memperbaiki maupun penambahan demi kemajuan kami dimasa yang akan datang.
Demikian program yang kamibuat , atas bantuan dan kerjasaman Saudara kami ucapkan terima kasih.
BAB 1
PENDAHULUAN
Dengan dilandasinya rasa kemanusiaan yang adil dan beradab dan didorong dengan semangat Gerakan Internasional dan bulan sabit merah untuk meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya pada tanggal 17 September 1945 dalam rangka usaha turut mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia , maka dibentuklah Perhimpunan Palang Merah Indonesia sebagai suatu organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang sosial kemanusiaan
Palang Merah Remaja atau PMR merupakan organisasi sosial kemanusiaan yang berada di bawah naungan Palang Merah Indonesia. PMI sendiri membentuk organisasi PMR secara resmi pada tahun 1953 dengan tujuan utama untuk menyiapkan kader-kader handal PMI.
Banyak cara untuk membina dan mengembangkan , namun yang paling penting dalam proses pembinaan dan pengembangan PMR adalah siswa saling memahami serta menghargai harapan-harapan komitmen tanpa pamrih seraya memberikan ketauladanan. selain itu untuk menyatukan gerak langkah perlu dikembangkan dan dipelihara kelangsungan hubungan yang harmonis antara siswa PMR dan sekolah karena bagaikan satu organ yang hidup yang saling tergantung serta saling menunjang satu dengan lainnya.
Dalam rangka usaha menjalin kasih sayang terhadap sesama manusia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan turut memelihara budi pekerti yang luhur menuju ke arah terwujudnya ekstensi PMR dalam menjalankan kegiatan setiap tahun pelajaran, menyusun rencana strategis PMR tahun 2014-2015 , sebagai pedoman arah kegiatan PMR di SMA MA'ARIF KARANGANYAR
Palang Merah Remaja atau PMR merupakan organisasi sosial kemanusiaan yang berada di bawah naungan Palang Merah Indonesia. PMI sendiri membentuk organisasi PMR secara resmi pada tahun 1953 dengan tujuan utama untuk menyiapkan kader-kader handal PMI.
Banyak cara untuk membina dan mengembangkan , namun yang paling penting dalam proses pembinaan dan pengembangan PMR adalah siswa saling memahami serta menghargai harapan-harapan komitmen tanpa pamrih seraya memberikan ketauladanan. selain itu untuk menyatukan gerak langkah perlu dikembangkan dan dipelihara kelangsungan hubungan yang harmonis antara siswa PMR dan sekolah karena bagaikan satu organ yang hidup yang saling tergantung serta saling menunjang satu dengan lainnya.
Dalam rangka usaha menjalin kasih sayang terhadap sesama manusia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan turut memelihara budi pekerti yang luhur menuju ke arah terwujudnya ekstensi PMR dalam menjalankan kegiatan setiap tahun pelajaran, menyusun rencana strategis PMR tahun 2014-2015 , sebagai pedoman arah kegiatan PMR di SMA MA'ARIF KARANGANYAR
Rencana strategi PMR tahun 2014-2015 diharapkan dapat memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:
- Sederhana tetapi strategis, mudah dimengerti, kompak, mudah dilaksanakan dapat dipantau dan dievaluasi pelaksanaan.
- Menggunakan metode perencanaan yang disusun bersama siswa PMR dengan musyawarah dengan melibatkan semua peserta PMR dan Pembina.
- Mengakomadasikan masukan-masukan dari kepala sekolah, dewan guru dan unit-unit ekstrakulikuler SMA MA'ARIF KARANGANYAR .
- Kepres no. 246 tahun 1963 tentang Perhimpunan Palang Merah Indonesia
- Perjanjian kerjasama PMI dengan Depdiknas RI 24 Mei 1995 No.118/U/95 dan No.0090-Kep/PP/V/95 tentang pembinaan dan pengembangan kepalangmerahan di sekolah.
- Perjanjian kerjasam PMI dengan DEPAG RI tanggal 26 September 1995No.459 tahun 1995 dan No.0185-KEP/PP/IX/95 tentang Pembinaan dan pengembangan kepalangmerahan.
- Kepetusan Kepala SMK Negeri 1 Babelan N0. 800 /155/SMKN1/Dis.P 02/2011 Tentang Pembagian Tugas Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Atau Bimbingan Dan Penyuluhan Tahun Pelajaran 2011/2012.
- MAKSUD DAN TUJUAN
- Maksud
- Untuk meningkatkan kualitas dari pembinaan PMR di Unit SMA MA'ARIF KARANGANYAR . Tentunya tidak terlepas dari kapasitas dari siswa, Pembina PMR dan sekolah itu sendiri . dengan adanya penyegaran dan pemahaman mengenai materi, Pembina PMR diharapkan bisa berjalan dengan baik.
- Tujuan
- Memberikan dan meningkatkan pengetahuan bagi peserta / siswa dalam melaksanakan Pembinaan PMR di Unit sekolah sesuai standar manajemen pembinaan PMR dan relawan yang dibantu oleh PMI Cabang Kabupaten Purbalingga.
- Siswa anggota PMR dapat mengembangkan kemampuan dan potensi mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
- Berjalannya mekanisme organisasi dengan baik dan benar.
- Peningkatan professionalme manajemen organisasi PMR di sekolah.
- VISI DAN MISI PMR 2014-2015
- Visi
- “Terwujudnya PMR sebagai unit kegiatan siswa yang professional tanggap dan dicintai siswa”
- Misi
- Menguatkan dan mengembangkan organisasi.
- Meningkatkan kualitas (pengurus, anggota PMR dan relawan).
- Mengembangkan kegiatan kepalangmerahan yang berbasis masyarakat.
- Mengembangkan komunikasi informasi dan Edukasi kepalangmerahan.
BAB II
PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
PALANG MERAH REMAJA ( PMR )
SMA MA'ARIF KARANGANYAR
No
|
Jenis Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Hasil yang diharapkan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Penerimaan anggota baru PMR
|
o Pendaftaran
|
o Terbentuknya anggota baru yang siap berperan aktif dalam organisasiPMR.
|
2
|
Permateri Gerakan palang merah remaja dan bulan sabit internasional(BSI)
|
o Tribakti pmr
o Gerakan pmr dan bs internasional
o Perhimpunan nasional
o lambang
|
o Mendidik,mengarahkan dan Membentuk anggota PMR yang mahir dan terampil dalam berbagai jenis kegiatan..
|
3
|
Pertolongan pertama (PP)
|
o Anatomi dan faal tubuh manusia
o Penilaian korban
o Cidera lunak
o Luka bakar
o Pemindahan korban
o Kedaruratan medis
o Keracunan
o Tenda
o tandu
|
o Mengusai dan mendalami serta terampil dalam melakukan kegiatan praktek PMR
o Membentuk anggota PMRyang tangguh dalam menghadapi lomba- lomba .PMR
|
4
|
Latihan rutin
|
o Pemberian materi
o LDK
o PP
o Tandu
o Tenda
o Mars
o Karikatur
o PK
o PRB
o Narkoba
|
o Mengusai dan mendalami serta terampil dalam melakukan kegiatan praktek PMR
o Membentuk anggota PMRyang tangguh dalam menghadapi lomba- lomba .PMR
|
5
|
Bakti Sosial
|
o Pembersihan Masjid , dan sekitarnya.
o Mengadakan kegiatan donor darah.
|
o Menghasilkan anggota PMR yang peduli akan kebersihan tempat-tempat ibadah.
o Menghasilkan anggota PMR yang peduli terhadap keselamatan sesama manusia.
|
6
|
Penjelajahan
|
o Haking
|
o Membentuk anggota PMRyang tangguh dan terampil dalam menghadapi jenis lomba.
|
7
|
Kegiatan partisipatif;
o Kemah Akbar
|
o Disesuaikan dengan jenis kegiatan yang diadakan olehpengurus cabang PMR kab/kota.
|
o Membentuk anggota PMR yang mampu berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan pada tingkat yang lebih tinggi.
|
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
Rencana strategis PMR 2015-2016 beserta penjabaran hanya akan berhasil dalam implementasinya jika dari semula telah dikembangkan rasa kepemilikan terhadap rencana srtategis dari seluruh siswa PMR berikut mitra kerjanya.
Sebagai kata kunci terakhir kelembagaan serta sistem yang dibangun keberhasilan atau kegagalan dalam implementasi tergantung kepada seluruh anggota / siswa dan Pembina PMR serta SMA MA'ARIF KARANGANYAR yang melaksanakannya. Disinilah letak pentingnya pengembangan sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan ke depan yang makin kompleks.
Karanganyar 16 Februari 2016
Pembina PMR
Darwati, S.Pd
Menyetujui :
Kepala SMA Ma'arif Karanganyar
H. SUNAENI, Sag M.MPd
NIP. 19590313198631001
Struktur Organisasi PMR SMA MA'ARIF KARANGANYAR
Periode 2015/2016
Periode 2015/2016
Penanggung Jawab : H. SUNAENI, Sag M.MPd
Pembina PMR 1 : Darwati, S.Pd
Pembina PMR 1 : Darwati, S.Pd
Trainer PMR : PMI
Alumni PMR : ALUMNI PMR SMA MA'ARIF KARANGANYAR
Alumni PMR : ALUMNI PMR SMA MA'ARIF KARANGANYAR
Ketua Umum PMR : Nur Lailiyah
Wakil Ketua : Umi Masla'ah
Sekretaris Umum PMR : Tesa Eka A
Sekretaris Umum PMR : Tesa Eka A
Eli Kusumawati
Bendahara Umum PMR : Avni Saputri
Bendahara Umum PMR : Avni Saputri
Imas Gandasari
Rabdika LA : M. Fathur Rozak
Nur Karomah
Rabdika UM : Usman Maulana
Lia Istito'ah
Rabdika PU/PRO : Fahrul Anam
Estiani
Rabdika DO : Nasrohim
Siti Marfu'ah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar