Sugeng Rawuh Teng Blog PMR WIRA SMA Ma'arif Karanganyar

Senin, 14 Desember 2015

Kepemimpinan

Materi Kepemimpinan Palang Merah Remaja2008
Materi Kepemimpinan Palang Merah Remaja2008
Materi Kepemimpinan Palang Merah RemajaPMR Relawan Masa Depan
Materi Kepemimpinan Palang Merah Remaja
Edisi I. Jakarta: JUNI 2008
Edisi Pertama : Juni 2008
Hak Cipta © Palang Merah Indonesia Pusat
Pengarah :
Dr . Hj. Ulla Nuchrawaty Usman, MM
Ketua Bidang Penguatan Sumber Daya Relawan
Penyusun :
Juliati Susilo  (Markas Pusat PMI)
Asep Mulyadi  (Markas Pusat PMI)
Rina Utami  (Markas Pusat PMI)
Kontributor :
Beny Thanheri (PMI Daerah Kalimantan Barat)
Deni Nurdiana (PMI DKI Jakarta)
Dheni Prasetyo (Markas Pusat PMI)
Doddy Alfitra (Markas Pusat PMI)
Joni Saputra  (PMI Daerah Bengkulu)
Lusi Nuryanti  (PMI Daerah Kalbar)
Rudi Surya  (PMI Daerah NAD)
Taufan Kristanto  (PMI Daerah Bali)
Editor :
Rina Utami (Markas Pusat PMI)
Desain & Layout :
Fajar Bakri (PMI Daerah Sulawesi Selatan)
Disusun atas dukungan :
Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC)
Palang Merah Denmark
Palang Merah Jepang
Palang Merah Jerman
i
KATA PENGANTAR
Dalam rangka meningkatkan kemampuan Anggota
Remaja PMI (Palang Merah Indonesia) untuk mewujudkan
cita-cita  dan  semangat  pengabdian  kepada  sesama
manusia, PMI telah menerbitkan berbagai buku pedoman
sebagai  pegangan  bagi  anggota  PMR  Mula,  Madya  dan
Wira. Pada tahun 2008 telah diterbitkan buku pedoman
untuk PMR antara lain: Mengenal Gerakan Palang Merah
dan  Bulan  Sabit  Merah  Internasional,  Pertolongan
Pertama, Ayo Siaga Bencana, PMR Relawan Masa Depan,
Remaja  Sehat  Peduli  Sesama,  Kesehatan  dan  Kesejahteraan  Remaja  untuk
pendidik  sebaya  serta media KIE Donor Darah.
Ciri-ciri  PMR  yang  senantiasa  ceria,  cerdas,  kreatif,  jujur ,  berbagi,
bersahabat dan bertanggung  jawab merupakan kekuatan yang positif dalam
membentuk  generasi  muda  bangsa  Indonesia  yang  peduli  untuk  menolong
sesama  serta peka pada  situasi dan kondisi di  lingkungannya.
Pada  akhirnya  dengan  mengetahui,  memahami  dan  melaksanakan
pengetahuan  dan  keterampilan  kepalangmerahan  yang  diwujudkan  dalam
kegiatan  Tri  Bakti  PMR  para  anggota  PMR  akan  menjadi  teladan  di
lingkungannya  (peer  leader)  serta kader dan  relawan PMI di masa mendatang...
Jakarta,  Juni 2008
Pengurus Pusat
Palang Merah  Indonesia
Dr . Hj. Ulla Nuchrawaty Usman, MM
Ketua Bidang Penguatan Sumber Daya
 PMR dan Relawan
ISBN :978- 979-3575-38-4
International Federation
Red Cross and Red Crescent SocietiesPMR Relawan Masa Depan
Materi Kepemimpinan Palang Merah Remaja
Edisi I. Jakarta: JUNI 2008
Edisi Pertama : Juni 2008
Hak Cipta © Palang Merah Indonesia Pusat
Pengarah :
Dr . Hj. Ulla Nuchrawaty Usman, MM
Ketua Bidang Penguatan Sumber Daya Relawan
Penyusun :
Juliati Susilo  (Markas Pusat PMI)
Asep Mulyadi  (Markas Pusat PMI)
Rina Utami  (Markas Pusat PMI)
Kontributor :
Beny Thanheri (PMI Daerah Kalimantan Barat)
Deni Nurdiana (PMI DKI Jakarta)
Dheni Prasetyo (Markas Pusat PMI)
Doddy Alfitra (Markas Pusat PMI)
Joni Saputra  (PMI Daerah Bengkulu)
Lusi Nuryanti  (PMI Daerah Kalbar)
Rudi Surya  (PMI Daerah NAD)
Taufan Kristanto  (PMI Daerah Bali)
Editor :
Rina Utami (Markas Pusat PMI)
Desain & Layout :
Fajar Bakri (PMI Daerah Sulawesi Selatan)
Disusun atas dukungan :
Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC)
Palang Merah Denmark
Palang Merah Jepang
Palang Merah Jerman
i
KATA PENGANTAR
Dalam rangka meningkatkan kemampuan Anggota
Remaja PMI (Palang Merah Indonesia) untuk mewujudkan
cita-cita  dan  semangat  pengabdian  kepada  sesama
manusia, PMI telah menerbitkan berbagai buku pedoman
sebagai  pegangan  bagi  anggota  PMR  Mula,  Madya  dan
Wira. Pada tahun 2008 telah diterbitkan buku pedoman
untuk PMR antara lain: Mengenal Gerakan Palang Merah
dan  Bulan  Sabit  Merah  Internasional,  Pertolongan
Pertama, Ayo Siaga Bencana, PMR Relawan Masa Depan,
Remaja  Sehat  Peduli  Sesama,  Kesehatan  dan  Kesejahteraan  Remaja  untuk
pendidik  sebaya  serta media KIE Donor Darah.
Ciri-ciri  PMR  yang  senantiasa  ceria,  cerdas,  kreatif,  jujur ,  berbagi,
bersahabat dan bertanggung  jawab merupakan kekuatan yang positif dalam
membentuk  generasi  muda  bangsa  Indonesia  yang  peduli  untuk  menolong
sesama  serta peka pada  situasi dan kondisi di  lingkungannya.
Pada  akhirnya  dengan  mengetahui,  memahami  dan  melaksanakan
pengetahuan  dan  keterampilan  kepalangmerahan  yang  diwujudkan  dalam
kegiatan  Tri  Bakti  PMR  para  anggota  PMR  akan  menjadi  teladan  di
lingkungannya  (peer  leader)  serta kader dan  relawan PMI di masa mendatang...
Jakarta,  Juni 2008
Pengurus Pusat
Palang Merah  Indonesia
Dr . Hj. Ulla Nuchrawaty Usman, MM
Ketua Bidang Penguatan Sumber Daya
 PMR dan Relawan
ISBN :978- 979-3575-38-4
International Federation
Red Cross and Red Crescent Societiesiii
DAFTAR ISI
“Ada dua persimpangan jalan
di hutan dan aku -
Aku memilih jalan yang lebih jarang
dilewati orang, dan pilihan itu telah
menghasilkan perbedaan besar”
- Robert Frost
Kata Pengantar
Daftar Isi
Jadi Pemimpin Yuk...!
Menyampaikan Pesan
Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing
Keinginan Untuk Berbuat dan Berusaha
Apa yang Bisa Kita Lakukan?
Tri Bakti
Referensi
  ............................................................   i
....................................................................... iii
.................................................    1
   .................................................   4
.............   6
................   8
............................  10
........................................................................  12
.....................................................................  13iii
DAFTAR ISI
“Ada dua persimpangan jalan
di hutan dan aku -
Aku memilih jalan yang lebih jarang
dilewati orang, dan pilihan itu telah
menghasilkan perbedaan besar”
- Robert Frost
Kata Pengantar
Daftar Isi
Jadi Pemimpin Yuk...!
Menyampaikan Pesan
Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing
Keinginan Untuk Berbuat dan Berusaha
Apa yang Bisa Kita Lakukan?
Tri Bakti
Referensi
  ............................................................   i
....................................................................... iii
.................................................    1
   .................................................   4
.............   6
................   8
............................  10
........................................................................  12
.....................................................................  13Jadi Pemimpin Yuk...!
Jadi pemimpin?
Mmmmm...??
Pengen sih...
Tapi...
Malu...? Minder ...?
Takut...?
“PMR yang berkarakter , terlibat aktif
dalam proses pengambilan keputusan
dan kepemimpinan PMI”
1Jadi Pemimpin Yuk...!
Jadi pemimpin?
Mmmmm...??
Pengen sih...
Tapi...
Malu...? Minder ...?
Takut...?
“PMR yang berkarakter , terlibat aktif
dalam proses pengambilan keputusan
dan kepemimpinan PMI”
1Jadi Pemimpin Yuk...!
Dalam situasi apa yang membuat kita tidak percaya diri untuk menjadi seorang pemimpin?
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Bagaimana agar menjadi pemimpin yang baik di PMI?
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Apa manfaat buat kita jika menjadi pemimpin?
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Ingat! Setiap orang itu unik, masing-masing pasti punya kelebihan
dan kekurangan...
Tidak ada salahnya kan dicoba mulai sekarang, menjadi PEMIMPIN..!!
Pemimpin adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh dan
motivasi kepada diri sendiri maupun orang lain.
3 2Jadi Pemimpin Yuk...!
Dalam situasi apa yang membuat kita tidak percaya diri untuk menjadi seorang pemimpin?
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Bagaimana agar menjadi pemimpin yang baik di PMI?
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Apa manfaat buat kita jika menjadi pemimpin?
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
___________________________________________________
Ingat! Setiap orang itu unik, masing-masing pasti punya kelebihan
dan kekurangan...
Tidak ada salahnya kan dicoba mulai sekarang, menjadi PEMIMPIN..!!
Pemimpin adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh dan
motivasi kepada diri sendiri maupun orang lain.
3 2Komunikasi = Menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain.
Meyampaikan Pesan
Cara komunikasi:
1. Verbal   ->  Menggunakan bahasa lisan atau tulisan.
2. Non Verbal   ->  Melalui gerak bahasa tubuh, bahasa isyarat, sikap, ekspresi wajah.
Sebuah proses diskusi, berbicara, bahkan pada saat saling memandang sebenarnya sedang
mencoba menyampaikan sesuatu kepada orang lain.. saat itu kita sedang melakukan suatu
proses yang sering disebut komunikasi..
Dalam proses komunikasi ada beberapa unsur yang harus ada:
Komunikator
(pengirim pesan)
Komunikan
(penerima pesan)
Pesan
Umpan Balik
Media / Saluran
Beberapa hal yang mendukung komunikasi:
1. Kenali diri sendiri.
2. Kenali orang lain
3. Mau mendengarkan.
4. Memberi pernyataan yang jelas.
5. Memberi umpan balik
6. Mau membuka diri
Nah bagaimana teman-teman berkomunikasi?
Ingat-ingat kembali hal apa saja yang ada pada diri kita, apa yang membuat kita belum berhasil
berkomunikasi? Kelebihan apa yang kita punya sehingga komunikasi berhasil? Apa yang akan kita lakukan
untuk meningkatkan ketrampilan berkomunikasi?
__________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
Kalo tadi yang mendukung komunikasi, ada juga
yang menghambat komunikasi, antara lain:
1. Egois.
2. Pemarah.
3. Lingkungan yang buruk
4. Membeda-bedakan status sosial
5. Permusuhan
5 4Komunikasi = Menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain.
Meyampaikan Pesan
Cara komunikasi:
1. Verbal   ->  Menggunakan bahasa lisan atau tulisan.
2. Non Verbal   ->  Melalui gerak bahasa tubuh, bahasa isyarat, sikap, ekspresi wajah.
Sebuah proses diskusi, berbicara, bahkan pada saat saling memandang sebenarnya sedang
mencoba menyampaikan sesuatu kepada orang lain.. saat itu kita sedang melakukan suatu
proses yang sering disebut komunikasi..
Dalam proses komunikasi ada beberapa unsur yang harus ada:
Komunikator
(pengirim pesan)
Komunikan
(penerima pesan)
Pesan
Umpan Balik
Media / Saluran
Beberapa hal yang mendukung komunikasi:
1. Kenali diri sendiri.
2. Kenali orang lain
3. Mau mendengarkan.
4. Memberi pernyataan yang jelas.
5. Memberi umpan balik
6. Mau membuka diri
Nah bagaimana teman-teman berkomunikasi?
Ingat-ingat kembali hal apa saja yang ada pada diri kita, apa yang membuat kita belum berhasil
berkomunikasi? Kelebihan apa yang kita punya sehingga komunikasi berhasil? Apa yang akan kita lakukan
untuk meningkatkan ketrampilan berkomunikasi?
__________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
__________________________________________________________
Kalo tadi yang mendukung komunikasi, ada juga
yang menghambat komunikasi, antara lain:
1. Egois.
2. Pemarah.
3. Lingkungan yang buruk
4. Membeda-bedakan status sosial
5. Permusuhan
5 4Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing
Setiap  Jum'at  disekolahku  selalu menyelenggarakan  kegiatan  Jum'at Bersih..  Aku  bersama  teman-teman
membersihkan  lingkungan  sekolah
Apapun  yang  kita  kerjakan,  kalo  dikerjakan  bersama  pasti  akan  terasa  ringan  dan  cepat...
Manfaat  kerja  sama..
- Kita  bisa  menyelesaikan
tugas dengan waktu yang
lebih  cepat,
- Pekerjaan yang berat jadi
ringan,  dan
- Kita  bisa  lebih  akrab
dengan  teman-teman.
Selain  itu,  ada  juga  faktor  penghambat,  seperti:
1. Tidak  bertanggung  jawab
2. Mau menang  sendiri  atau  egois
3. Curiga  atau  suka mencurigai
4. Tidak  bisa  membedakan  antara  kerjasama
dengan  sama-sama  kerja
Faktor  pendukung  kerja  sama  :
- Masing-masing  pihak  menghargai
kekurangan  dan  kelebihan  masing-
masing
- Sama-sama  paham  tujuan  kerjasama
- T erbuka
- Ada  yang mau  jadi  koordinator .
Kerjasama adalah bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama
Kelompok yaitu kumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan
saling mempengaruhi kearah tujuan bersama.
Bekerja sama akan menguatkan karakter kita. Yuk kita diskusikan karakter-karakter (kualitas
positif) yang akan kita punya setelah melakukan kerja sama...
Membentuk kelompok juga akan memudahkan kerja sama. Tapi sebelum berkelompok, kita harus
sepakati tujuan yang akan kita capai bersama...
Setelah masing-masing tau apa tujuan bersama yang akan dicapai, tentu saja perlu seorang
yang akan mengkoordinir dan mengarahkan kita ke tujuan yang sudah kita sepakati.. Nah
orang itu adalah pemimpin kita..
7 6Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing
Setiap  Jum'at  disekolahku  selalu menyelenggarakan  kegiatan  Jum'at Bersih..  Aku  bersama  teman-teman
membersihkan  lingkungan  sekolah
Apapun  yang  kita  kerjakan,  kalo  dikerjakan  bersama  pasti  akan  terasa  ringan  dan  cepat...
Manfaat  kerja  sama..
- Kita  bisa  menyelesaikan
tugas dengan waktu yang
lebih  cepat,
- Pekerjaan yang berat jadi
ringan,  dan
- Kita  bisa  lebih  akrab
dengan  teman-teman.
Selain  itu,  ada  juga  faktor  penghambat,  seperti:
1. Tidak  bertanggung  jawab
2. Mau menang  sendiri  atau  egois
3. Curiga  atau  suka mencurigai
4. Tidak  bisa  membedakan  antara  kerjasama
dengan  sama-sama  kerja
Faktor  pendukung  kerja  sama  :
- Masing-masing  pihak  menghargai
kekurangan  dan  kelebihan  masing-
masing
- Sama-sama  paham  tujuan  kerjasama
- T erbuka
- Ada  yang mau  jadi  koordinator .
Kerjasama adalah bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama
Kelompok yaitu kumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan
saling mempengaruhi kearah tujuan bersama.
Bekerja sama akan menguatkan karakter kita. Yuk kita diskusikan karakter-karakter (kualitas
positif) yang akan kita punya setelah melakukan kerja sama...
Membentuk kelompok juga akan memudahkan kerja sama. Tapi sebelum berkelompok, kita harus
sepakati tujuan yang akan kita capai bersama...
Setelah masing-masing tau apa tujuan bersama yang akan dicapai, tentu saja perlu seorang
yang akan mengkoordinir dan mengarahkan kita ke tujuan yang sudah kita sepakati.. Nah
orang itu adalah pemimpin kita..
7 6Keinginan Untuk Berbuat dan Berusaha
Nah itu adalah motivasi yang mendorong kita untuk mau berbuat
dan berusaha.
Motivasi banyak manfaatnya lho.. Kita jadi semangat untuk
mencapai tujuan, cita-cita, impian
Mengapa berminat bergabung dengan PMR?
8 9Keinginan Untuk Berbuat dan Berusaha
Nah itu adalah motivasi yang mendorong kita untuk mau berbuat
dan berusaha.
Motivasi banyak manfaatnya lho.. Kita jadi semangat untuk
mencapai tujuan, cita-cita, impian
Mengapa berminat bergabung dengan PMR?
8 9Apa Yang Bisa Kita Lakukan
Saat merencanakan dan melaksanakan Tri Bakti, apakah anggota PMR perempuan dan laki-laki mempunyai
peran yang berbeda ataukah sama? Kita buat daftar kegiatan dan daftar tugas yuk...
Nama Kegiatan :
Tugas Anggota Laki-laki Tugas Anggota Perempuan
Apakah  tugas  yang  dilakukan  anggota  PMR  perempuan  tidak  bisa  dilakukan  oleh  anggota  laki-laki,  atau
sebaliknya? Mengapa?
Gender:
Peran, sifat, tugas, fungsi
dan tanggungjawab laki-laki
dan perempuan yang dibentuk
oleh masyarakat karena
dipengaruhi oleh budaya
Mereka adalah teman-temanku yang telah belajar untuk menjadi peer leader ,
peer support, dan peer educator .
Ingat ya teman hidup sehat bukan hanya terbebas dari penyakit. Hidup sehat artinya kondisi kita sehat & aman
secara fisik, mental dan sosial
Menurut pendapat teman-teman, sehat dan aman fisik adalah.....................
Menurut pendapat teman-teman, sehat dan aman mental adalah.....................
Menurut pendapat teman-teman, sehat dan aman secara sosiall adalah....................
.Berikan contohnya ya!! ayokita bicarakan dengan teman-teman lainnya
PMR MULA
Buatlah daftar kegiatan Tri
Bakti yang dapat
memberikan contoh perilaku
hidup sehat
...............................................
Karakter peer leader:
...............................................
PMR MADYA
Buatlah  daftar  kegiatan  Tri
Bakti  yang  memberikan
dukungan  perubahan  perilaku
hidup  sehat
...............................................
Karakter peer support:
...............................................
PMR WIRA
Buatlah  daftar  kegiatan  Tri
Bakti  yang  dapat  dilakukan
oleh  pendidik  sebaya
...............................................
Karakter peer educator:
................................................
PEER LEADER
Anggota PMR Mula dapat memberikan contoh perilaku hidup sehat kepada teman sebaya.
PEER SUPPORT
Anggota PMR Madya diharapkan dapat memberikan dukungan buat teman sebaya untuk melakukan perubahan
perilaku hidup sehat.
PEER EDUCATOR
Teman-teman PMR Wira dapat menjadi pendidik sebaya perilaku hidup sehat.
10 11Apa Yang Bisa Kita Lakukan
Saat merencanakan dan melaksanakan Tri Bakti, apakah anggota PMR perempuan dan laki-laki mempunyai
peran yang berbeda ataukah sama? Kita buat daftar kegiatan dan daftar tugas yuk...
Nama Kegiatan :
Tugas Anggota Laki-laki Tugas Anggota Perempuan
Apakah  tugas  yang  dilakukan  anggota  PMR  perempuan  tidak  bisa  dilakukan  oleh  anggota  laki-laki,  atau
sebaliknya? Mengapa?
Gender:
Peran, sifat, tugas, fungsi
dan tanggungjawab laki-laki
dan perempuan yang dibentuk
oleh masyarakat karena
dipengaruhi oleh budaya
Mereka adalah teman-temanku yang telah belajar untuk menjadi peer leader ,
peer support, dan peer educator .
Ingat ya teman hidup sehat bukan hanya terbebas dari penyakit. Hidup sehat artinya kondisi kita sehat & aman
secara fisik, mental dan sosial
Menurut pendapat teman-teman, sehat dan aman fisik adalah.....................
Menurut pendapat teman-teman, sehat dan aman mental adalah.....................
Menurut pendapat teman-teman, sehat dan aman secara sosiall adalah....................
.Berikan contohnya ya!! ayokita bicarakan dengan teman-teman lainnya
PMR MULA
Buatlah daftar kegiatan Tri
Bakti yang dapat
memberikan contoh perilaku
hidup sehat
...............................................
Karakter peer leader:
...............................................
PMR MADYA
Buatlah  daftar  kegiatan  Tri
Bakti  yang  memberikan
dukungan  perubahan  perilaku
hidup  sehat
...............................................
Karakter peer support:
...............................................
PMR WIRA
Buatlah  daftar  kegiatan  Tri
Bakti  yang  dapat  dilakukan
oleh  pendidik  sebaya
...............................................
Karakter peer educator:
................................................
PEER LEADER
Anggota PMR Mula dapat memberikan contoh perilaku hidup sehat kepada teman sebaya.
PEER SUPPORT
Anggota PMR Madya diharapkan dapat memberikan dukungan buat teman sebaya untuk melakukan perubahan
perilaku hidup sehat.
PEER EDUCATOR
Teman-teman PMR Wira dapat menjadi pendidik sebaya perilaku hidup sehat.
10 11Meningkatkan Keterampilan Hidup Sehat
Ingin  jadi  remaja  yang  berkarakter  bersih  dan  sehat?  Bener  banget  kalau
temen-temen  milih  gabung  di  PMR.  Karena  di  PMR  kita  belajar  tentang
pertolongan pertama, remaja sehat peduli sesama, kesehatan remaja, ayo
siaga bencana, dan donor darah.
Berkarya dan Berbakti di Masyarakat
Karena  kita makhluk  sosial, maka  kehidupan  kita  gak  akan  pernah  lepas
dengan orang  lain. Udah  tahukan kalo ngebantu sesama  itu penting?  Dan yang
lebih penting, membantu sesama  itu menyenangkan  lho. Nggak salah  lagi kalo
temen-temen  gabung  PMR,  karena  disitu  memang  tempat  berkumpulnya
remaja yang peduli, kreatif dan bersahat. Di PMR kita bisa bareng-bareng
bantu  sesama.
Mempererat Persahabatan Nasional dan  International
Pengen punya banyak teman? Apalagi punya teman dari daerah bahkan negara
yang berbeda?
Aku punya berapa teman. Buanyak deh. Apalagi sejak gabung PMR. Aku punya
temen  dari  Papua,  Toraja, Aceh,  Palembang,  juga  dari  Belanda,  Jepang,
Denmark,  Australia,  Malaysia,  Singapore,  Philipina,...gak  terhitung  lagi.
Dengan  gabung  PMR,  kita  akan  belajar  bagaimana menjalin  persahabatan
dengan orang  lain. Bisa nasional bisa  international.  Asyiiik!!
Tri Bakti PMR Referensi
1. 50 Quick Team Building Games, Brian Cole Miller
2. Bermain, Menghayati, dan Belajar , YIS
3. Buku-buku  pelatihan  terbitan  PMI  Pusat:  Pertolongan  Pertama,  Perawatan  Keluarga,
Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat, Kesehatan Remaja
4. Character Building untuk  Anak-anak, Barbara  A. Lewis, Karisma
5. Character Building untuk Remaja, Barbara  A. Lewis, Karisma
6. Child-led Disaster Risk Reduction:  A Practical Guide, Save  the Children
7. Community Challenge,  Australian Red Cross
8. Exploring Humanitarian Law,  ICRC
9. Friends Tell Friends on  the Street, Thai Red Cross
10. Ketrampilan Komunitas Menghadapi Konflik, Prof. Mari Fitzduff, British Council
11. Kisah Sebuah Gagasan,  ICRC
12. Living Values An Educational Program Educator Training Guide, Diane Tillman and Pilar Quera
Colomina, Grasindo
13. Menemukan Sekolah yang Membebaskan, Komunitas Sekolah  Alam, Kawan Pustaka
14. Mengembangkan Kemampuan Adaptasi Anak Menghadapi Stress Psikososial, Drs. Made Rustika,
MSi
15. Menjaga Diri Sendiri, Claire Llewellyn, Tiga Serangkai
16. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple  Intelligences, Linda Campbell, Bruce Campbell,
Dee Dickinson,  Intuisi Press
17. Mind Map untuk  Anak, Tony Buzan, Gramedia Pustaka Utama
18. PHAST Step by Step Guide: A Participatory Approach for the Control of Diarrhoeal Disease,
WHO, SIDA, UNDP
19. Psikologi untuk  Anak dan Remaja  II,  Jonni Kincher , Karisma
20. Seven Steps  for  Seven Principle,  IFRC
21. The 6 Most  Important Decisions You'll Ever Make, Sean Covey
22. Totto-Chan Gadis Cilik di  Jendela, Tetsuko Kuroyanagi, Gramedia Pustaka Utama
23. Tujuh Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif,  Sean Covey
12 13Meningkatkan Keterampilan Hidup Sehat
Ingin  jadi  remaja  yang  berkarakter  bersih  dan  sehat?  Bener  banget  kalau
temen-temen  milih  gabung  di  PMR.  Karena  di  PMR  kita  belajar  tentang
pertolongan pertama, remaja sehat peduli sesama, kesehatan remaja, ayo
siaga bencana, dan donor darah.
Berkarya dan Berbakti di Masyarakat
Karena  kita makhluk  sosial, maka  kehidupan  kita  gak  akan  pernah  lepas
dengan orang  lain. Udah  tahukan kalo ngebantu sesama  itu penting?  Dan yang
lebih penting, membantu sesama  itu menyenangkan  lho. Nggak salah  lagi kalo
temen-temen  gabung  PMR,  karena  disitu  memang  tempat  berkumpulnya
remaja yang peduli, kreatif dan bersahat. Di PMR kita bisa bareng-bareng
bantu  sesama.
Mempererat Persahabatan Nasional dan  International
Pengen punya banyak teman? Apalagi punya teman dari daerah bahkan negara
yang berbeda?
Aku punya berapa teman. Buanyak deh. Apalagi sejak gabung PMR. Aku punya
temen  dari  Papua,  Toraja, Aceh,  Palembang,  juga  dari  Belanda,  Jepang,
Denmark,  Australia,  Malaysia,  Singapore,  Philipina,...gak  terhitung  lagi.
Dengan  gabung  PMR,  kita  akan  belajar  bagaimana menjalin  persahabatan
dengan orang  lain. Bisa nasional bisa  international.  Asyiiik!!
Tri Bakti PMR Referensi
1. 50 Quick Team Building Games, Brian Cole Miller
2. Bermain, Menghayati, dan Belajar , YIS
3. Buku-buku  pelatihan  terbitan  PMI  Pusat:  Pertolongan  Pertama,  Perawatan  Keluarga,
Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat, Kesehatan Remaja
4. Character Building untuk  Anak-anak, Barbara  A. Lewis, Karisma
5. Character Building untuk Remaja, Barbara  A. Lewis, Karisma
6. Child-led Disaster Risk Reduction:  A Practical Guide, Save  the Children
7. Community Challenge,  Australian Red Cross
8. Exploring Humanitarian Law,  ICRC
9. Friends Tell Friends on  the Street, Thai Red Cross
10. Ketrampilan Komunitas Menghadapi Konflik, Prof. Mari Fitzduff, British Council
11. Kisah Sebuah Gagasan,  ICRC
12. Living Values An Educational Program Educator Training Guide, Diane Tillman and Pilar Quera
Colomina, Grasindo
13. Menemukan Sekolah yang Membebaskan, Komunitas Sekolah  Alam, Kawan Pustaka
14. Mengembangkan Kemampuan Adaptasi Anak Menghadapi Stress Psikososial, Drs. Made Rustika,
MSi
15. Menjaga Diri Sendiri, Claire Llewellyn, Tiga Serangkai
16. Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple  Intelligences, Linda Campbell, Bruce Campbell,
Dee Dickinson,  Intuisi Press
17. Mind Map untuk  Anak, Tony Buzan, Gramedia Pustaka Utama
18. PHAST Step by Step Guide: A Participatory Approach for the Control of Diarrhoeal Disease,
WHO, SIDA, UNDP
19. Psikologi untuk  Anak dan Remaja  II,  Jonni Kincher , Karisma
20. Seven Steps  for  Seven Principle,  IFRC
21. The 6 Most  Important Decisions You'll Ever Make, Sean Covey
22. Totto-Chan Gadis Cilik di  Jendela, Tetsuko Kuroyanagi, Gramedia Pustaka Utama
23. Tujuh Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif,  Sean Covey
12 139 789793 575384 >
ISBN 979357538-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar